P3KS Gelar Senam Sehat dan Aksi Bersih Sungai

Editor: MATA LENSA author photo


Medan.Jurnalisku.com.
Perkumpulan Pemuda Pemudi Kampung Sejahtera (P3KS) melaksanakan kegiatan senam sehat dan aksi bersih sungai di lapangan Serbaguna, Kampung Sejahtera, Jalan Haji Zainul Arifin, Kelurahan Petisah Tengah, Kecamatan Medan Petisah, Jum'at (3/12/2021). 


Ketua P3KS Aminurasid, mengatakan, bahwa kegiatan tersebut mengusung tema "Kolaborasi Menuju Sehat Dan Sejahtera" ini, tak lain untuk menguatkan silaturahmi antara masyarakat Kampung Sejahtera dengan pemerintah menuju Kota Medan yang berkah, masyarakat sejahtera. 




"Jadi kegiatan tersebut kami awali dengan senam bersama, dilanjut aksi bersih-bersih sungai dengan menggunakan perahu karet yang disiapkan oleh BPBD Kota Medan dan Perahu Sampah oleh tim patroli sungai Babura," Kata Rasyid, kepada awak media, Jumat (3/12/2021). 


Dia juga menyebutkan, banyak-banyak terima kasih kepada pejabat kota Medan yang sudah menghadiri kegiatan yang diadakan P3KS di Kampung Sejahtera. 


"Saya ucapkan terima kasih atas kehadirannya Bapak Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kota Medan, Kepala Dinas Kebersihan Dan Pertamanan, Camat Medan Petisah, Camat Medan Polonia, Camat Medan Baru serta warga Kampung Sejahtera, karena memberikan suport dalam acara ini," ujarnya.


"Mungkin ke depannya kita bisa dapat berkolaborasi terus, dapat mensejahterkan Kampung Sejahtera. Dan bagi masyarkat Kampung Sejahtera sekali lagi saya ucapkan terima kasih karena sudah banyak berkontribusi untuk kampung kita, artinya apa yang kita buat di hari ini tak lain untuk anak cucu kita ke depannya. InsyaAllah apa yang kita lakukan menjadi berkah dan amal zariah buat kita semua," tambahnya. 


Lanjutnya dia menuturkan, semoga juga dengan adanya kegiatan ini Kampung Sejahtera menjadi mata air bagi masyarakat Medan untuk menyebarkan kegiatan-kegiatan positif. Tak lain untuk membangun Kota Medan yang berkah dan beriman. 


"Karena dari kegiatan bersih-bersih itu adalah bagian dari iman. Maka, kita selaku warga Kampung Sejahtera saling berkolaborasi untuk membersihkan lingkungan kami dari sampah terutama sampah-sampah di sungai kami ini," ujarnya. 


Di samping itu, Camat Medan Petisah, Budi Lubis mengaku merasa tersanjung dan memberikan apresiasi yang tinggi terhadap Perkumpulan Pemuda Pemudi Kampung Sejahtera (P3KS). Hal itu diakuinya karena P3KS tidak pernah henti dan letih untuk mengadakan aktivitas positif di Kampung Sejahtera.


"Saya berharap, mudah-mudahan kegiatan ini tak sampai disini saja melainkan berkesinambungan. Karena kebersihan itu tak hanya tanggungjawab dari pak Kadis Kebersihan tetapi tanggungjawab kita semuanya. Maka dari itu, kita harus ikut serta dalam kegiatan ini, dan mudah-mudahan masyarakata bisa tergugah dengan hadirnya pemerintah Kota Medan," kata Camat Medan Petisah, Budi Lubis. 


Tak hanya Camat Medan Pertisah saja yang mengapresiasi kegaiatan tersebut. Akan tetapi Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan, Drs Syarifuddin Irsan Dongoran MSI juga mengapresiasi kegiatan itu. Bahkan dia mengakui bahwa baru di Kampung Sejahtera dirinya merasakan adanya suatu kepedulian warga. 


"Karena di era saat ini kepedulian hilang di tengah masyarakat. Kalau dahulu kita melihat kegiatan bersih bersih adalah gotong royong tapi sekarang sangat jarang. Tetapi ketika saya melihat kegiatan ini, saya sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan P3KS," ujar Kadis Kebersihan Kota Medan. 


Dia juga mengatakan, bahwasanya kali ini Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan memberikan 50 keranjang sampah dan 5 dustbin kepada P3KS Kampung Sejahtera, dan pemberian ini tambahan dari pemberian sarana pra sarana yang sebelumnya diberikan kepada Kampung Sejahtera yang saat ini dinobatkan oleh Walikota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution, sebagai kawasan bersih sampah  berharap, apa yang diberikan Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan saat ini dapat bermanfaat bagi warga Kampung Sejahtera. 


"Dimana kita juga mengehatui, Kampung Sejahtera ini adalah perwakilan dari kelurahan sebagai kelurahan percontohan Kota Medan dengan TPS 3R-nya. Dan kali ini juga kita dari dinas akan membangun bank sampah di sini," ucapnya. 


Kemudian, dia juga meminta kepada warga Kampung Sejahtera agar menularkan nilai-nilai bersih lingkungan kepada masyarakat Kota Medan. Sebagaimana dikethaui, ia katakan, dimana sungai-sungai di luar negeri merupakan tempat wisata.


"Tapi paling tidak kita memulai yang paling kecil dahulu seperti menjaga lingkungan sungai dan membersihkan sungai dan nantinya ini menjadi tempat yang nyaman," ujarnya, 


Lanjutnya mengatakan, apabila Kampung Sejahtera melakukan kegiatan seperti ini kembali, pihak Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan akan terus memberi suport dengan sepenuhnya. 


Semantara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kota Medan, H Muhammad Husni, menuturkan Salam Tangguh kepada masyarakat yang hadir di acara tersebut. Karena baginya, warga Kampung Sejahtera merupakan warga yang tangguh. Sebab, dia katakan kawasan Kampung Sejahtera sudah ditetapkan Wali Kota Bobby Nasution sebagai kawasan bebas sampah.


"Jadi dengan ditetapkannya sebagai kawasan bebas sampah ini, kita berharap adanya kepedulian, adanya empati dari kita semua untuk menjaga kampung kita ini. Karena imets Kampung Kubur ini yang dahulunya negatif saat ini menjadi imets yang positif dengan adanya kegiatan kegiatan positif yang sering dilakukan masyarakat Kampung Sejahtera ini," katanya. 


"Jadi dengan adanya itu, orang lebih mengenal bahwa kampung Sejahtera ini merupakan contoh bagi kampung yang lain," pungkasnya.


Dia juga menyebutkan bahwa Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan sudah membangun bank sampah, maka dari itu dia berharap bank sampah tersebut dipergunakan dengan baik. Tak hanya itu saja, ia juga menginginkan di Kampung Sejahtera ini tak hanya dibangun Bank Sampah saja, melainkan Rumah Baca, Tempat Rumah Rembuk Warga, Tempat Evakuasi Bencana.


"Tapi Saya titip, tempat evakuasi bencana jangan lupa pak (Kadis Kebersihan Kota Medan), sehingga adanya bencana dapat kita naikkan ke atas," katanya mengakhiri. 


Selain itu, ia berharap Kampung Sejahtera tak hanya menjadi kawasan bebas sampah melainkan sebagai objek wisata. Seperti objek wisata kuliner tradisional di Kota Medan dan dapat meningkatkan ekonomi warga.


Kegiatan ini dilanjutkan dengan penampilan semi Melayu Pakpong Medan


(Rouses/Dara/H)

Share:
Komentar

Berita Terkini