Yonmarhanlan I Laksanakan Pengamanan Latma Arnex-21

Editor: MATA LENSA author photo


Belawan.Jurnalisku.com.
Prajurit Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) I melaksanakan pengamanan Latihan Bersama Asian Rusia Naval Exercise (Arnex) di Belawan. Rabu (01/12/2021). 


Latihan bersama Arnex merupakan latihan multilateral antara TNI Angkatan Laut, Angkatan Laut Negara Asean (Asean Navy) dan Angkatan Laut Rusia (Russian Navy). 


Latihan bersama ini bertujuan untuk memelihara hubungan persahabatan antara pemerintah Indonesia, Negara Asean dan Negara Rusia pada umumnya, dan Angkatan Laut Negara pada khususnya. Serta untuk meningkatkan profesionalisme prajurit angkatan laut masing-masing negara. 


Adapun waktu pelaksanaannya mulai tanggal 28 November s.d 03 Desember 2021 mendatang. Dimana TNI Angkatan Laut bertindak sebagai tuan rumah penyelenggara latihan. Latihan Arnex akan dilaksanakan di perairan Belawan, Selat Malaka dan Perairan Timur Laut Sabang. 


Sehubungan dengan Latihan Bersama Multilateral tersebut, maka dilaksanakan kegiatan pengamanan meliputi pengaman rute yang dilalui, dan pengamanan Pelabuhan Dermaga 104 Ujung Baru Belawan tempat sandar Kapal Perang peserta Latma Arnex. 


Pengamanan kegiatan Latma Arnex-21 yang dipimpin oleh Asintel Danlantamal I Kolonel Laut (P) M. Erfan Riyanto SE., ini melibatkan 1 SSK Yonmarhanlan I, 1 unit Tim Intel dan Sintel Lantamal I, 1 SST Brimob Poldasu, 1 SSK Dalmas Polres Pelabuhan Belawan,  1 SST Pomal Lantamal I, 1 Unit Sat Intelkam Polres Pelabuhan Belawan. 1 SST Satpol PP Kota Medan. 


Sebelum prajurit melaksanakan pergeseran ke lokasi pengamanan,  Komandan Yonmarhanlan I Mayor Marinir Indra Fauzi Umar terlebih dahulu menyampaikan pesan kepada prajuritnya yang tergabung dalam tugas pengaman," agar melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, waspadai terhadap potensi kerawanan yang dapat mengganggu kelancaran kunjungan Pejabat dan Tamu dari Negara Sahabat yang ikut dalam latihan bersama. Laksanakan pengamanan wilayah tugas yang sudah diploting dengan mengantisipasi kerawanan yang dapat menimbulkan ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan dan utamakan faktor keselamatan personel dan material. 


Hadir dalam acara pembukaan Latma Arnex-21 Panglima Koarmada l Laksda TNI Arsyad Abdullah, S.E.,M.A.P., Duta besar Rusia untuk Asean, Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Dirkersinhan Kemhan, Danlantamal I serta para Atase Laut Negara Asean,

Danlantamal I Laksma TNI Achmad Wibisono SE. MM., Athan Rusia. 


Kegiatan pengaman berlangsung dengan tetap mematuhi protokol kesehatan covid-19 guna memutus mata rantai penularan covid-19.


(Rouses/Dara/H)

Share:
Komentar

Berita Terkini