Menguji Kemampuan Prajurit Yonmarhanlan I Laksanakan Samapta Rutin

Editor: MATA LENSA author photo


Belawan.Jurnalisku.com.
Sebagai implementasi perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono tentang pembangunan Sumber Daya Manusia yang unggul dan profesional, Prajurit Petarung Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) I melaksanakan Samapta di lapangan apel Mako Lantamal I. Rabu (09/03/2022). 


Pelaksanaan samapta meliputi test Baterai A yakni lari dalam waktu 12 menit, kemudian dilanjutkan Baterai B dengan Pull Up, Sit Up, Push Up yang dilaksanakan selama 1 menit dan diakhiri test Shuttle Run (lari angka 8). 


Kegiatan samapta diawali dengan pengecekan kesehatan oleh Dinas Kesehatan (Diskes) Lantamal I berupa pemeriksaan tensi darah setiap prajurit dilanjutkan dengan stretching atau senam peregangan untuk menghindari cedera otot. 


Danyonmarhanlan I Mayor Marinir Indra Fauzi Umar menyampaikan kegiatan test kesamaptaan jasmani ini penting untuk dilaksanakan, yang bertujuan untuk mengukur kemampuan fisik prajurit Yonmarhanlan I pada umumnya dan khususnya kepada prajurit yang akan melaksanakan Usulan Kenaikan Pangkat (UKP) dan sebagai persiapan personel yang akan melaksanakan test dalam perubahan status strata. 


Kegiatan berlangsung tetap menerapkan protokol kesehatan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.


(Rouses/Dara/H)

Share:
Komentar

Berita Terkini