Kapolres Langkat Pimpin Upacara Harkitnas ke-116

Editor: Redaksi author photo












LANGKAT - JURNALISKU.COM

Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-116 yang jatuh pada tanggal 20 Mei 2024 diperingati dan dilaksanakan oleh Tribun Alun Alun T. Amir Hamzah Stabat, Senin (20/5/2024)


Upacara Harkitnas dipimpin Kapolres Langkat AKBP Faisal Rahmat HS SIK SH MH, dan dihadiri para pejabat utama Polres Langkat, Forkopimda Kabupaten Langkat, Pengurus Bhayangkari Cabang Langkat, dan Tim Penggerak PKK Kabupaten Langkat.

Peserta upacara terdiri dari satu peleton personel Kodim 0203/Lkt, satu peleton TNI Reider 100, satu peleton TNI Arhanud 11/WB, satu peleton Personil Polres Langkat, ASN Pemkab Langkat, mahasiswa STTA dan SLTP Stabat dan OKP Kabupaten Langkat.


AKBP Faisal mengatakan, Harkitnas diperingati setiap tanggal 20 Mei dengan tujuan untuk mengenang dan merayakan momentum kebangkitan semangat nasionalisme, persatuan, dan kesatuan bangsa Indonesia. Hal ini mengingat berdirinya Boedi Oetomo pada tahun 1908 yang menjadi salah satu pilar perjuangan kemerdekaan Indonesia.


Tema Hari Kebangkitan Nasional tahun ini adalah “Bangkit Untuk Indonesia Emas”. Tujuan dari peringatan ini yaitu untuk meningkatkan semangat nasionalisme, untuk mengingatkan kita kembali akan pentingnya semangat cinta tanah air dan nasionalisme di kalangan seluruh masyarakat Indonesia khususnya generasi muda, Terang AKBP Faisal


Pada upacara Hari Kebangkitan Nasional 2024, AKBP Faisal membacakan pidato tentang besarnya pengaruh hari Budi Utomo bagi Indonesia membuat pemerintah Indonesia mengakui pengaruh organisasi tersebut. Peran penting Budi Utomo menjadi dasar pemerintah menetapkan Hari Kebangkitan Nasional.


Kapolri menjelaskan, tujuan memperingati 116 tahun Kebangkitan Nasional atau Harkitnas 2024 adalah untuk melestarikan, menumbuhkan, dan memperkuat jiwa nasionalisme nasional kita.


Hal ini merupakan landasan dasar dalam melaksanakan pembangunan, menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi yang berlandaskan moral dan etika berbangsa dan bernegara, serta mempererat tali persaudaraan untuk mempercepat terwujudnya Indonesia Emas dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia, kata AKBP Faisal.


Lebih lanjut AKBP Faisal menyampaikan, Peringatan Hari Kebangkitan Nasional merupakan momen terpenting bagi kita saat ini. Kita harus menatap masa depan dengan optimisme, percaya diri, dan percaya diri. Kemajuan telah terpampang di depan mata. Momen ini harus kita abadikan agar kita bisa hidup selamanya menuju impian negara maju di tahun 2045.


Kita tidak mungkin lagi berjalan lambat, karena kita mengejar waktu. Pada titik inilah seluruh potensi sumber daya alam yang kita miliki, potensi transformasi digital yang kita miliki, menjadi modal dasar menuju “Indonesia Emas 2045”, pungkas Kapolri (Red)

Share:
Komentar

Berita Terkini