Munas DPP Apkasindo Berupaya Naik Kelas dan Mengangkat Derajat Petani Kelapa Sawit Swadaya Dengan Mendirikan Koperasi yang Mengolah Minyak Makan Merah

Editor: Redaksi author photo







Medan - Jurnalisku.com

DPP Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) akan terus berupaya naik kelas dan mengangkat derajat petani kelapa sawit swadaya.


"Apkasindo sudah naik kelas, dan akan naik kelas lagi dengan mengangkat derajat petani sawit," ujar Rino Afrino, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Apkasindo.


Hal itu diungkapkan Rino saat memberikan kata sambutan dalam acara musyawarah nasional (munas) Apkasindo di Hotel Radisson Medan, Rabu (22/5/2025) pagi.


Rino Afrino juga berperan sebagai Ketua Panitia dalam munas tersebut. Kegiatan tersebut dihadiri oleh puluhan pimpinan cabang Apkasindo dari berbagai daerah di Indonesia.



Rino mengatakan, salah satu upaya untuk menaikan derajat petani sawit adalah dengan mendirikan koperasi, termasuk koperasi yang mengolah minyak makan merah.


"Beberapa hari yang lalu saya ke Kuala Lumpur, Malaysia, menghadiri acara CPOPC. Saya saat itu bersama Direktur BPDPKS, Pak Eddy Abdurrachman," kata Rino. 


"Beliau bilang ke saya akan ada dua pabrik minyak makan merah yang akan dikebut lagi. Untuk itu, mari kita semangat dan mengawal pendirian pabrik minyak makan merah kita ini," kata Rino Afrino.


Saat ini, kata dia, petani sawit sudah memiliki pabrik minyak makan merah di Pagar Merbau, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara (Sumut).


"Dan bakal ada lagi pabrik minyak merah yang akan dibangun oleh koperasi yang pengurusnya adalah pengurus Apkasindo Sumut. Kita harus lebih bersemangat lagi membangun koperasi, membangun Apkasindo," tegas Rino Afrino.(Red)

Share:
Komentar

Berita Terkini