Polres Langkat Tingkatkan Kapasitas SDM Personel Melalui Latihan Pengendalian Massa Menjelang Pilkada Serentak 2024

Editor: Redaksi author photo

 





Langkat – Jurnalisku.com

Upaya meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) personel, Satuan Samapta Polres Langkat menggelar latihan pengendalian massa (dalmas) yang intensif di Lapangan Jananuraga Polres Langkat pada Kamis (16/05/2024). 


Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat kemampuan personel dalam menghadapi situasi massa dan potensi bentrokan, terutama menjelang Pilkada serentak tahun 2024 yang diprediksi akan memicu berbagai aksi unjuk rasa.


Latihan tersebut menampilkan personel gabungan Polres Langkat yang berlatih menggunakan peralatan seperti rompi, tameng dalmas, dan tongkat.


Mereka dengan kompak melaksanakan formasi teknik dalmas, menunjukkan kesiapan dan profesionalisme dalam mengendalikan massa.


Kapolres Langkat AKBP Faisal Rahmat HS., SIK., S.H., M.H., melalui Kasat Samapta Polres Langkat AKP Adi Haryono, S.H., menyampaikan bahwa latihan dalmas ini merupakan bagian dari agenda rutin yang dilaksanakan secara berkesinambungan. 


"Latihan Dalmas merupakan kegiatan rutin sesuai agenda yang ditentukan dan dilakukan secara terus menerus dan berkelanjutan," jelasnya.


Lebih lanjut, AKP Adi Haryono, S.H., menambahkan bahwa latihan ini tidak hanya untuk meningkatkan keterampilan teknis tetapi juga untuk merefresh kemampuan personel agar semakin profesional di lapangan.


Hal ini penting agar mereka memiliki gambaran jelas mengenai tindakan yang harus diambil ketika menghadapi massa dan situasi terburuk yang mungkin terjadi, seperti bentrok massa.


Dengan rutin melakukan latihan dalmas, kekuatan fisik masing-masing personel akan terjaga dengan baik. 


Selain itu, latihan yang sering dilakukan akan membuat personel lebih siap dalam menghadapi dan mengamankan massa yang melakukan aksi unjuk rasa.


 "Kita terus memperdalam formasi teknik dalmas agar personel gabungan di lapangan lebih mahir. Sehingga Satuan Samapta dan personel Gabungan, menjadi personel yang terlatih, tangguh, dan bertanggung jawab dalam menjalani tugas pengamanan unjuk rasa," tandasnya.


Menjelang Pilkada serentak 2024, potensi terjadinya aksi unjuk rasa besar menjadi perhatian khusus Polres Langkat. Kesiapan ini penting untuk memastikan keamanan dan ketertiban di wilayah hukum Polres Langkat tetap terjaga.


 "Semua ini dipersiapkan untuk menjaga keamanan dan ketertiban agar wilayah hukum Polres Langkat tetap kondusif dan terpelihara," tutup AKP Adi Haryono.


Dengan upaya peningkatan kapasitas SDM ini, diharapkan personel Polres Langkat siap menghadapi berbagai tantangan dalam menjalankan tugas pengamanan, khususnya dalam mengawal jalannya Pilkada serentak 2024.(DM/Red)



Share:
Komentar

Berita Terkini