Coffee Morning Kapolres Pelabuhan Belawan Bersama Stake Holder Ciptakan Suasana Kondusif

Editor: MATA LENSA author photo


Belawan.Jurnalisku.com.
-Guna mempererat silaturahmi antar instansi yang ada di wilayah hukum Polres Pelabuhan Belawan, Kapolres bersama Stake Holder gelar Coffee Morning di Aula Wira Satya Mapolres Pelabuhan Belawan, Selasa (12/10/2021) sekira pukul 08.30 Wib 

Dalam sambutannya, Kapolres  Pelabuhan Belawan, AKBP Faisal Rahmat Husein Simatupang SH, SIK, MH memperkenalkan diri sebagai pejabat baru di Polres Pelabuhan Belawan



" Saya meminta saran dan masukan kepada para stake holder yang hadir terkait penanganan aksi tawuran dan pungli di jalan tol yang sering terjadi di wilayah hukum Polres Pelabuhan Belawan," ujar AKBP Faisal.


Dalam kegiatan tersebut para Stake Holder melakukan perkenalkan diri dan memberikan pendapat ataupun saran terkait permasalahan yang sering terjadi di Belawan.


Saran dan masukan di mulai dari Wadanlantamal l Belawan, Kolonel Marinir TNI AL, Amir Kasman. Beliau menyampaikan, terkait masalah tawuran sudah merupakan imbas dari kondisi sosial di wilayah Belawan, namun juga sudah menjadi tanggung jawab kita semua dalam penanganannya.


" Kita harus mempelajari dari hulu apa yang terjadi yang menjadi penyebabnya. Apabila terjadi tawuran biasanya kami menurunkan patroli Pomal ataupun berkoordinasi dengan pihak Polres dalam penanganannya. Seluruh stakeholder harus solid agar Belawan ini menjadi lebih indah dan aman," kata Kolonel Amir Kasman.


Selanjutnya kata sambutan dari Kepala Syahbandar, Capt.Jhonny Runggu Silalahi terkait tawuran, Kami sudah mengupayakan untuk penerangan jalan agar anak - anak ini tidak ngumpul-ngumpul karena biasanya mereka ngumpul-ngumpul ditempat yang gelap.


" Dari kami telah mengupayakan penerangan lampu jalan agar anak-anak tidak berkumpul di tempat gelap dan kami siap membantu bagaimana agar Belawan menjadi kondusif," jelas Capt.Jhonny.


Kabag Bin Ops Dit Polair, AKBP Jenda K Sitepu menyampaikan hal yang sama, Sesuai arahan Karo Ops kami sudah menyiapkan personil siaga untuk memback up Polres sekitar termasuk Polres Pelabuhan Belawan


" Apabila dibutuhkan silahkan koordinasi dengan kami melalui Kabag Ops," katanya.


Ditempat yang sama, Kapolsek Belawan, Kompol DJ Naibaho SH mengucapkan terimakasih atas bantuannya karena kami baru tahu ini kalau Lantamal, Marinir dan Dit Polair sudah menyiapkan anggota yang siaga untuk diperbantukan


" Untuk itu kedepannya jika membutuhkan bantuan kami akan menghubungi," ungkap Kompol Naibaho.


Sementara itu, Kapolsek Medan Labuhan, Kompol Edy Safari SH menyampaikan, Selama ini, Pihak kepolisian sudah mengupayakan pendekatan-pendekatan secara humanis kepada warga.


" Pihak kepolisian sudah melakukan tindakan berupa penangkapan, pembinaan kepada para tawuran yang mana pelaku masih di bawa umur," tegas mantan Kapolsek Tanjung Morawa tersebut.


Asintel Lantamal l Belawan terkait tawuran menjelaskan, Lawa - lawa dan lain-lain kejadiannya sudah dari dulu, namun dulu kami sudah petakan pelaku-pelakunya.


Kalau dulu pelaku tawuran sama lawa-lawa ditangkap itu kami rayapkan di Lantamal makanya mereka dulu sangat takut kalau personil lantamal sudah datang, kalau sekarang ditangkap malah dikasih makan, jadi saya rasa mereka jadi tidak jera, karena esensi dari hukuman yang sebenarnya adalah efek jera


"Untuk lawa-lawa saya sudah melihat dari Polres melakukan pengamanan di jam-jam tertentu biasanya pagi dan sore, namun pelaku-pelaku nya ini sudah membaca, apabila polisi tidak ada mereka akan beraksi, mungkin kedepannya nanti bisa dirubah jam-ja nya atau dibuat bergantian, dari Pomal, Syahbandar dari Polsek atau dari marinir nanti membantu patroli bergantian," paparnya.


Kemudian kata sambutan dari Kepala Distrik Navigasi, Arif mengatakan, Terkait potensi kerawanan, Dirinya merasa dipetakan lebih dalam terlebih dahulu sebelum bertindak lebih jauh


" Selain kita disini, saya rasa bisa dilibatkan dari pemerintah untuk penanganannya," pintanya.


Kepala Kantor Imigrasi Belawan, Berti Mustika menyampaikan, tetap mendukung kinerja Polri agar dapat tercipta Kamtibmas yang aman dan Kondusif.


" Kami dari Imigrasi Bekawan sangat mendukung upaya-upaya yang sudah dilakukan Polres Pelabuhan Bekawan dalam menciptakan Kamtibmas di wilayah hukumnya," tandasnya.


Acara ditutup dengan kata sambutan dari Kasatintelkam, AKP Syahrial Efendi Siregar SH menyampaikan, Terkait tawuran, Permasalahan sosial sangat berpengaruh seperti pendidikan dimana paling tinggi tamat SMP lalu menganggur.


" Faktor sosial yang paling utama yang terjadi di wilayah hukum Polres Pelabuhan Belawan, Kemudian anak-anak sekolah yang membuat grup-grup yang isinya saling mengajak tawuran, kurangnya fasilitas olah raga mempengaruhi hal ini karena anak - anak ini tengah malam main bola di jalan, dan ini ujung-ujungnya bisa jadi tawuran," tutup Perwira yang akrab dengan Wartawan tersebut.


Selain Kapolres Pelabuhan Belawan, AKBP Faisal Rahmat Simatupang SH, SIK, MH peserta yang datang dalam acara Coffee Morning Polres Pelabuhan Belawan antara lain, Wadan Lantamal Kolonel Marinir TNI AL Amir Kasman, Kolonel TNI AL Erfan, Wakapolres Pelabuhan Belawan, Kompol Herwansyah Putra SH MSi, Pasi Ops Marinir Mayor Marinir Santri Mada Sitepu, Kabag Ops Airud Belawan AKBP Jenda K. Sitepu, Kapolsek Belawan  Kompol DJ. Naibaho SH, Kapolsek Labuhan Kompol Edy Safari SH, Kabag Sunda 


Kompol Waskita Sheena Sari. S.E, S.I.K, Kasat Reskrim I Kade Cahyadi SH, S.I.K, MH, Kasat Sat Ik AKP Syahrial  E. Siregar SH, MAP, Kasat lantas AKP Pittor Gultom, SH, Kasat Bimas AKP Gunawan, Kasat Narkoba AKP Juriadi, Kepala Bea Cukai Belawan Tri Utomo, Kepala imigrasi Belawan Berti mustika, Kepala Syahbandar Capt. Jhonny Runggu Silalahi, Pelindo,Aulia dan Kepala Navigasi,Arif 


Pada pukul 10.00 Wib kegiatan Coffee Morning Polres Pelabuhan Belawan bersama Stake Holder selesai dan dilanjutkan foto bersama.



(Rouses/Dara/H)

Share:
Komentar

Berita Terkini