Menyikapi Persoalan Banjir di Desa Tanjung Anom, PERKIM Deliserdang Berikan Penjelasan

Editor: Redaksi author photo


Deliserdang-Jurnalisku.com

Persoalan banjir di Desa Tanjung Anom, Kecamatan Pancur Batu, Kabupaten Deliserdang sempat menyita perhatian masyarakat luas. Olehnya Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Deliserdang memberikan masukan. Menurutnya, untuk mengatasi persoalan tersebut perlu di benahi secara keseluruhan.


Kepala Dinas Perkim Heriansyah melalui Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Zefredin Purba mengatakan Drainase sekunder yang ada di Jalan Pancasila menyambung ke drainase primer dan tentunya drainase yang ada di Jalan besar juga tak terlepas dari pemicu banjir.


Ada dua permasalahan ini, ada permasalahan genangan air, ada permasalahan jalan lingkungan yang buruk. Keduanya ini salah satu faktor kawasan kumuh ” kata Zefredin Purba pada hari Jumat, (19/08/2022).


Zefredin pun mencontohkan persoalan yang kerab terjadi ditengah masyarakat. Semisal persoalan ketidak teraturan bangunan, bangunan maju mundur dalam sempadan jalan yang akan dibangun, Drainase yang tidak baik (sanitasi), jalan lingkungan yang buruk.


Drainase dijalan besar pengerjaanya milik Provinsi punya, drainase yang dijalan yang kita pasang paving blok pengerjaanya itu oleh desa” ujarnya.


Dalam hal ini, Perkim berada pada posisi ketiga, yaitu memperbaiki jalan yang buruk, kata dia.


Untuk diketahui, pihak Perkim telah memperbaiki Jalan Pancasila Dusun l Desa Tanjung Anom sepanjang 275 meter. Sebelumnya jalan antar gang ini telah rusak dan sudah diperbaiki.


Perbaikan jalan dengan pemasangan paving blok sepanjang 275 meter dan tersisa 48 meter lagi. Pembangunan jalan ini menelan anggaran APBD tahun 2022 senilai 267.599.000 rupiah.


” 275 meter telah selesai kita perbaiki, tersisa 48 meter lagi. Tahun depan kita prioritaskan akan diselesaikan” katanya.


Senada dengan keterangan pihak Perkim, Kepala Desa Tanjung Anom Drs Muslim menerangkan telah mengadakan gotong royong untuk mengatasi banjir yang dikeluhkan warganya itu.


” Kita sudah adakan gotong royong, termasuk juga pemasangan pipa agar air cepat surut” bebernya ketika berbincang dengan awak media diruangan kerjanya.


Dalam kesempatan itu, Muslim juga berharap agar dibangun Drainase induk yang menembus sampai ke sungai. Hal ini dibutuhkan agar persoalan banjir dapat diatasi dengan baik, pungkasnya. 


(Tim)

Share:
Komentar

Berita Terkini