Kapolres Madina Kunjungi Rumah Kelahiran Almarhum Jenderal Besar TNI Abdul Haris Nasution

Editor: Redaksi author photo








Madina-Jurnalisku.com

Dalam rangka mengenang Tragedi Gerakan 30 September Tahun 1965, yang berketepatan pada hari ini Jum’at Tanggal 30 September 2022, Kapolres Mandailing Natal AKBP H.M. Reza Chairul Akbar Siddiq, S.I.K., S.H., M.H, berkunjung ke Rumah Kelahiran Jenderal Besar TNI Alm. Abdul Haris Nasution di desa Hutapungkut Kecamatan Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal.

Kegiatan kunjungan Kapolres beserta Rombongan tersebut bertujuan untuk silaturrahmi sekaligus memberikan Bantuan Sosial kepada Keluarga Alm. Jenderal Besar TNI Abdul Haris Nasution yang menempati Rumah Kelahiran sang Jenderal di tanah kelahirannya.

“Kegiatan kita ini adalah dalam rangka mengenang kejadian 30 S pada tahun 1965, di mana Almarhum ini adalah korban dari G 30 S bersama anaknya Ade Irma Suryani Nasution dan beberapa Pahlawan Revolusi lainnya yaitu Jenderal (Anumerta) Ahmad Yani, Letjen (Anumerta) Suprapto, Letjen (Anumerta) S. Parman, Letjen (Anumerta) M.T. Haryono, Mayjen (Anumerta) D. I. Panjaitan, Mayjen (Anumerta) Sutoyo Siswomiharjo, Brigjen (Anumerta) Katamso, Kolonel (Anumerta) Sugiyono, Kapten (Anumerta) Pierre Tendean sebagai Ajudan serta Aipda Karel Satsuit Tubun salah satu anggota Polri yang gugur dalam Gerakan 30 S tersebut,” ungkapnya.

“Saya berinisiatif mengajak rombongan untuk napaktilas kerumah kelahiran Alm. Jenderal Besar TNI Abdul Haris Nasution untuk mengenang jasa-jasa beliau,” tutur AKBP Reza.

“Saat ini, saya secara langsung melihat bahwa rumah kelahiran Mendiang Jenderal Besar TNI Abdul Haris Nasution cukup terawat meskipun ada beberapa yang perlu di perbaiki, namun secara umum masih cukup perawatan berhubung masih ada keluarga beliau disini,” Lanjut Reza.

Di akhir kegiatan kunjungan tersebut, Kapolres menghimbau kepada masyarakat Mandailing Natal agar jangan melupakan Sejarah dan Jasa-jasa para pahlawan, karena di Negara kita pernah ada pemberontakan yang ingin mengubah dari ideologi pancasila ke ideologi Komunis.

Sementara itu, Mudani Karim Lubis selaku keluarga Alm. Jenderal Besar TNI Abdul Haris Nasution, sangat terharu dan bersyukur atas kunjungan Personil Polri ke Rumah Kelahiran Mendiang Jenderal.

“Saya selaku keluarga Alm Jederal Besar TNI Abdul Haris Nasution, sangat barsyukur dan berterimakasih kepada Polri khususnya Polri Polres Madina yang sudah berkunjung ke kampung halaman kami ini,” ujarnya.

 

Share:
Komentar

Berita Terkini