Bupati Samosir Resmikan Penyalaan Lampu Anjungan Listrik

Editor: MATA LENSA author photo


Samosir.Jurnalisku.com.
PANGURURAN - Bupati Samosir Vandiko T. Gultom meresmikan Anjungan Listrik Mandiri (ALMA) di Pelabuhan Simanindo, 11/05/2022.


ALMA merupakan terobosan baru dari PLN dalam mendukung kelistrikan terhadap sektor kemaritiman dan sektor pariwisata. Pelabuhan Simanindo sebagai salah satu pintu masuk ke Samosir menjadi titik pembangunan ALMA. 


General Manager PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumut,  Pandapotan Manurung mengatakan, Pembangunan ini untuk mendukung Pariwisata di Danau Toba khususnya di Kabupaten Samosir.


Dengan daya 23 KVA, Alma hadir untuk memenuhi kebutuhan listrik kapal saat sandar inap, kebutuhan listrik dermaga dan masyarakat sekitar pelabuhan. Hal ini juga sudah menjadi komitmen PLN  UIW Sumut untuk mendukung kepariwisataan di Danau Toba khususnya Kabupaten Samosir.


Melihat kondisi Pariwisata Samosir yang semakin pesat, dalam 2 bulan kedepan, kami akan membangun tempat charger listrik dan menyediakan 4 unit sepeda motor listrik, sehingga wisatawan dapat keliling dengan menggunakan motor listrik tambah Pandapotan.


Bupati Samosir Vandiko T. Gultom mengapresiasi peran PLN dalam pengembangan pariwisata di Kabupaten Samosir. 


Program Electrifying Marine PLN sangat penting untuk membantu operasional kapal Fery dan kapal kayu di Pelabuhan. Alma akan menjadi sumber listrik kapal saat bersandar sehingga mengurangi beban operasional. Selain itu Alma diharapkan dapat membantu kebutuhan masyarakat sekitar dan kepariwisataan lainnya di Kabupaten Samosir. 


Bupati Samosir mengharapkan pembangunan ALMA dapat diterapkan dipelabuhan yang ada di kawasan Danau Toba khususnya pelabuhan-pelabuhan yang ada di Kabupaten Samosir. Dengan sistim teknologi listrik ini akan dapat mengurangi emisi maupun polusi di Danau Toba.


"Harapan saya, melalui Program Electrifying Marine PLN ini, ALMA dapat dikembangkan dan dibangun disetiap pelabuhan penyeberangan kawasan Danau Toba Khususnya Pelabuhan di Kabupaten Samosir" harap Bupati Samosir.


Dalam kesempatan ini Bupati Samosir bersama GM PLN UIW Sumut menyaksikan penandatanganan kerjasama Manager UP3 Bukit Barisan dengan pengelola pengembangan pelabuhan Simanindo.


Selanjutnya Bupati Samosir bersama GM PLN Unit Induk Wilayah Sumut melihat secara langsung proses penyalaan dan penyaluran listrik ke Fery dan kapal penumpang.


(Ranto.S)

Share:
Komentar

Berita Terkini