Serbuan Vaksinasi Dua Yonmarhanlan I Tetap Mendukung Lantamal I

Editor: MATA LENSA author photo


MedanUtara.Jurnalisku.com.
Sesuai dengan Instruksi Panglima TNI untuk melaksanakan serbuan vaksinasi Covid-19 TNI ke Wilayah 34  Provinsi secara serentak dan massif di wilayah kerja masing-masing, serta untuk mencapai percepatan vaksinasi Covid -19 kepada masyarakat penduduk Indonesia supaya mendapatkan kekebalan kelompok (Herd Immunity) untuk mencapai kondisi tersebut Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan ) I secara konsisten mendukung Pangkalan Utama TNI AL I Belawan (Lantamal I) kembali  melaksanakan Serbuan Vaksinasi Covid-19 untuk vaksin ke-2 kepada Masyarakat Maritim Kota Medan dan Keluarga besar TNI Angkatan Laut bertempat di Wisma Arafuru Komplek Perumahan TNI AL Barakuda Jalan Aluminium Raya Kelurahan Tanjung Mulia Hilir Kecamatan Medan Deli, Medan, Sumatera Utara. Rabu (28/07/2021) 



Serbuan vaksinasi Covid-19 TNI ke 34 Wilayah Provinsi secara serentak dan massif ini dilaksanakan untuk mempercepat pencapaian program pemerintah "Satu Hari Satu Juta Dosis Vaksin" yang harus diberikan kepada masyarakat. Oleh karena itu untuk menindaklanjuti instruksi tersebut Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., memerintahkan kepada seluruh jajaran satuan TNI Angkatan Laut dimanapun berada untuk menggelar serbuan vaksinasi massal khususnya kepada masyarakat maritim yang berada diwilayah pesisir, masyarakat nelayan di pulau-pulau terpencil, pelabuhan kapal maupun pelabuhan penyeberangan orang,    

komplek-komplek perumahan TNI AL dan Kampung Bahari Nusantara binaan Dispotmar TNI AL. 


Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk vaksin ke-2 yang dilaksanakan di Wisma Arafuru Komplek Perumahan TNI AL Barakuda ditinjau langsung oleh Komandan Pangkalan Utama TNI AL I Belawan Laksamana Pertama TNI Achmad Wibisono didampingi oleh WS. Wadan Kolonel Laut (P) Sjamsul Rizal, Pejabat Utama dan Kadis/Kasatker Lantamal I, Danpomal Lantamal I, Danyonmarhanlan I Mayor Marinir Indra Fauzi Umar dan Pasiops Yonmarhanlan I Mayor Marinir S.M.S. Sitepu dengan target 1.000 orang bagi masyarakat maritim dan Keluaga Besar TNI Angkatan Laut yang sudah menjalani vaksin pertama dan sudah lebih dari 28 hari untuk menerima vaksin kedua. 


Sampai dengan hari ini Pangkalan Utama TNI AL I Belawan (Lantamal I)  sudah menggelar vaksinasi massal sebanyak 13 kali  dibeberapa tempat diwilayah Kota Medan dan Kabupaten Deli Serdang. Sampai dengan saat ini sudah melaksanakan vaksinasi pertama dan kedua kepada masyarakat maritim kota Medan dan Keluarga Besar TNI Angkatan Laut  sebanyak 12.874 orang ditambah dengan hari ini 1.200 orang, sehingga masyarakat yang sudah berhasil divaksin mendekati 14.000 orang. 


Dalam pelaksanaan vaksinasi tetap dilaksanakan sesuai prosedur kesehatan Covid-19  dimana masyarakat setelah selesai divaksin, dihimbau untuk tetap tinggal ditempat untuk menjalani observasi selama 30 menit guna mengetahui reaksi Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) atau efek samping dari vaksin Covid-19 tersebut dengan tujuan apabila terjadi gejala yang tidak diinginkan akan dapat ditangani dengan cepat. Dan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat dengan harus memakai masker, menjaga jarak dengan tidak bergerombol yang selalu dingatkan oleh anggota Babinpotmar, Lantamal I, Yonmarhanlan I dan personel Pom Lantamal I yang ikut membantu dalam mengatur ketertiban warga yang akan melaksanakan vaksin, membantu pendataan masyarakat yang akan divaksin serta melaksanakan pengamanan terhadap pelaksanaan vaksinasi. 


Untuk mendukung pelaksanaan  kegiatan vaksinasi massal diterjunkan tenaga kesehatan sebagai vaksinator sebanyak 7 Tim yang terdiri dari 4  Tim dari RSAL Komang Makes Belawan dan Dinas Kesehatan Lantamal I Belawan dan RS. PHCM Belawan, RS. Eshmun Marelan, Puskesmas Belawan masing-masing 1 Tim.

Share:
Komentar

Berita Terkini