Ops Lilin Toba 2021 Polres Pelabuhan Belawan di Pimpin Wakil Bupati Deliserdang

Editor: MATA LENSA author photo


Belawan.Jurnalisku.com.
Wakil Bupati Deli Serdang, Mhd. Ali Yusuf Siregar memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat “Lilin Toba 2021” Polres Pelabuhan Belawan, bertempat dilapangan Apel Polres Pelabuhan Belawan, Kamis (23/12/2021) sekira pukul 08.00 Wib.


Apel gelar pasukan ini diikuti oleh Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Faisal Rahmat Husein Simatupang, SIK, SH, MH, Wakapolres Pelabuhan Belawan Kompol Herwansyah Putra MSi, Pejabat Utama Polres Pelabuhan Belawan, Danyonmarhanlan I Belawan Mayor Marinir Fauzi Umar M.Tr Opsla, Dan Pomal Belawan, Kasub Den Pom AD Belawan, Dishub Kota Medan dan Deli Serdang, Satpol PP Kota Medan, dan Dinas Kesehatan Kota Medan dan Deli Serdang.



Selaku pimpinan upacara, Wakil Bupati Deli Serdang, Mhd. Ali Yusuf Siregar menyampaikan amanat Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M. Si yang mengatakan, perayaan Natal dan Tahun Baru oleh masyarakat secara universal dirayakan melalui kegiatan ibadah dan perayaan pergantian tahun di tempat-tempat wisata, yang akan meningkatkan aktifitas pada pusat keramaian. Peningkatan aktifitas masyarakat ini tentu saja sangat berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas, gangguan kamseltibcar lantas, dan pelanggaran Protokol Kesehatan Covid-19.


Oleh karena itu, Polri menyelenggarakan Operasi Lilin Toba-2021 yang akan dilaksanakan selama 10 hari, mulai dari tanggal 24 Desember 2021 sampai dengan tanggal 2 Januari 2022, dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional. Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19, sehingga masyarakat dapat merayakan Natal dan Tahun Baru dengan rasa aman dan nyaman.



Beliau juga mengatakan, berdasarkan mapping kerawanan yang telah dilakukan, ada beberapa prediksi gangguan kamtibmas yang harus kita antisipasi, antara lain ancaman terorisme dan radikalisme, ancaman sabotase, penyalahgunaan narkoba, pesta miras, aksi perusakan fasilitas umum, aksi kriminalitas seperti curat, curas, curanmor, tawuran antar kelompok pemuda atau antar kampung, balap liar, kemacetan dan kecelakaan lalu lintas, maupun ancaman bencana alam seperti banjir sebagai dampak dari musim penghujan.


“ Untuk itu, saya harapkan seluruh Kasatwil mampu menentukan langkah antisipasi yang proaktif dan aplikatif serta cara bertindak yang tepat, efektif dan efisien dalam mengatasi berbagai potensi gangguan yang ada, sesuai dengan karakteristik kerawanan pada masing-masing daerah,” ucap beliau.


Pada apel tersebut Wakil Bupati Deli Serdang menyematkan pita Operasi Kepolisian Terpusat Lilin Toba 2021 kepada perwakilan pasukan.


Pada pukul 08.30 Wib, Upacara selesai dilaksanakan situasi aman dan kondusif.


(Rouses/Dara/H)

Share:
Komentar

Berita Terkini